Senin, 18 Oktober 2010

HMJ Akuntansi (AKASIA)

HMJ Akuntansi baru saja mengadakan regenerasi untuk kepengurusan periode 2010-2011, dan selama kepengurusan yang baru ini, aktivitas yang sudah dilakukan adalah:
“NATIONAL ACCOUNTING CHALLENGE (NAC) 2010”
HMJ Akuntansi pada tanggal 24 Januari 2010 bertempat di Balai Diklat Keuangan, Jl. Dinoyo 111 Surabaya ikut berpartisipasi dalam kompetisi National Accounting Challenge (NAC) 2010. HMJ Akuntnasi Asia yang biasa disebut Akasia mengirimkan 3 peserta dan 1 sebagai cadangan yaitu: Abdul Hakim, Mira Ariani, M. Kholil, dan Adzan Widyo Yudanto.

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, berkat rahmat dan karunia yang diberikan-Nya, kami dapat menyelesaikan tugas mengikuti seleksi awal National Accounting Challenge (NAC) yang diselenggarakan oleh BEM Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) dan tak lupa kami ucapkan terimakasi kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan baik morill maupun spiritual kepada kami sehingga kami dapat mengikuti seleksi awal NAC STAN dengan lancar.
NAC STAN merupakan ajang pembelajaran akuntansi melalui kompetisi yang berkualitas yang diadakan dwitahunan oleh Sekolah Tinggi Akuntansi Negara dengan mamperebutkan Piala Bergilir Menteri Keuangan.
Seleksi awal yang kami ikuti berada di rayon wilayah Surabaya yang bertempat di Gedung Keuangan Negara II. Marteri yang diujikan meliputi: akuntansi keuangan (pengantar, menengah, dan lanjutan), akuntansi biaya, manajemen keuangan, sistem informasi akuntansi, auditing, akuntansi perpajakan, dan pengetahuan lain tentang akuntansi (akuntansi syariah, pasar modal, praktik akuntansi internasional, dan akuntansi pemerintahan).

Konsep seleksi awal NAC STAN yang kami ikuti berupa mengerjakan soal Multiple Choice (hitungan dan teori) sebanyak 75 soal dan 5 soal isi selama 3 jam, dan menyelesaikan Accounting Cycle selama 2,5 jam.
Ada beberapa perubahan dari pengalaman NAC STAN 2008 yang diikuti oleh mahasiswa akutansi ASIA sebelumnya dengan NAC STAN 2010. Pada tahun 2008 Soal multiple choice berjumlah 100 soal dengan waktu pengerjaan selama 3 jam dengan pembagian materi ujian yang merata mulai dari akuntansi keuangan (pengantar, menengah, dan lanjutan), akuntansi biaya, manajemen keuangan, sistem informasi akuntansi, auditing, akuntansi perpajakan, dan pengetahuan lain tentang akuntansi (akuntansi syariah, pasar modal, praktik akuntansi internasional, dan akuntansi pemerintahan), sedangkan pada NAC STAN periode 2010 ada sedikit perbedaan, soal multiple choice berjumlah 75 dan 5 isi.

Materi ujian yang diujikan di NAC STAN meliputi semua aspek dalam bidang akuntansi. Agar pelaksanaan persiapan untuk mengikuti lomba NAC STAN dan lomba akuntansi lainnya lebih matang, perlu adanya pembinaan lebih dini untuk mahasiswa yang memiliki kemampuan lebih di bidang akuntansi di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi ASIA. Semoga dari pengalaman yang sudah dimiliki untuk kedepannya keikutsertaan Akasia di lomba NAC STAN dan sejenisnya bisa membawa kesuksesan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar